Hi, friends! Welcome to Cutie Bloggie. Have fun in this blog. Please follow and comments :)

Sabtu, 13 Oktober 2012

Kalau Teman Suka Pinjam Catatan

 Mungkin saja lho, ada teman yang nggak pernah mencatat pelajaran karena dia mungkin menganggap enteng pelajaran. Biasanya tuh, setiap kali pelajaran usai, dia selalu meminjam catatan kita untuk disalinnya di rumah. Bahkan, mungkin bukan untuk disalin tapi untuk difotokopi. Bagaimana caranya, ya,  supaya kita bisa menolak secara halus untuk tidak meminjamkan catatan kepadanya?

Kadang kita merasa risih bila catatan terus dipinjam. Nggak apa-apa, kok. Kita juga punya alasan, lho... Misalnya saja sepulang sekolah kita ingin segera mempelajari catatan. Namun sepertinya yang utama adalah kita takut jika catatanmu menjadi rusak dan tidak rapi lagi karena terus dipinjam.

Kalau kita merasa keberatan jika catatan dipinjam, kenapa nggak terus terang saja berbicara kepada teman itu? Katakan penolakan itu dengan disertai alasan.  Misalnya, kiuta harus mempelajari isi catatan di rumah. Atau bilang saja kalau biasanya mama atau papa selalu memeriksa catatan sehingga kita harus selalu menunjukkannya kepada mereka. Dengan alasan yang masuk akal itu, pasti, deh, temanmu tidak memiliki alasan lagi untuk meminjam catatan.

Eh, bukan tak mungkin teman kita itu terus memaksa, lho.  Kalau begitu, kita bisa mengajukan syarat kepadanya. Misalnya catatan itu tidak boleh dibawa pulang, atau tidak boleh sampai rusak maupun kotor. Dan jika syarat itu dilanggar, kita tidak akan mau meminjamkan catatan lagi.

*(www.girls.kidnesia.com)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar